MoU dengan Polres (4)

Situasi kontijensi bisa sewaktu-waktu terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan). Mengantisipasi hal tersebut, Selasa siang (29/09) Lapas Kelas IIA Pekalongan dan Rutan Kelas IIA Pekalongan menandatangani nota kesepahaman bersama (Memorandum of Understanding) tentang Penanganan Situasi Kontijensi dengan Kepolisian Resort (Polres) Pekalongan Kota di Aula Lapas Pekalongan. Pada acara ini juga diselenggarakan Rapat Dinas Penanganan Kontijensi yang dihadiri Kepala UPT Pemasyarakatan se-Kota Pekalongan dan Batang, Kepala Polres Pekalongan Kota dan Komandan Kodim 0710 Pekalongan.

Kalapas Pekalongan, Suprapto menjelaskan, “Penandatanganan MoU ini bertujuan untuk meningkatkan sistem pengamanan di Lapas Pekalongan. Selain itu adalah untuk mendapatkan informasi dan melakukan tindakan cepat dan tepat dalam menangani situasi kontijensi yang mungkin terjadi di Lapas Pekalongan.”

Lebih lanjut Suprapto menjelaskan bahwa Lapas Pekalongan juga akan mendapat bantuan kontroling secara berlanjut dan simultan dari pihak Polres Pekalongan Kota. “Apabila terjadi kebakaran, rusuh antarnarapidana, bencana alam, penyekapan terhadap petugas Lapas dan WBP melarikan diri, pihak Polres Pekalongan Kota siap siaga memberikan bantuan penanganannya.”

Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Luthfie Sulistiawan mengucapkan terima kasih kepada Kalapas Pekalongan atas kegiatan penandatanganan MoU ini. “Saya berharap penandatanganan MoU tidak hanya di atas kertas saja namun bisa berlanjut. Seperti pada kasus tahanan lari, yang diutamakan adalah database sehingga kami selalu menekankan kepada penyidik dalam melakukan penyidikan agar mendata identitas orangtua maupun saudara yang sedang dalam penanganan tindak pidana.”

MoU dengan Polres (1)

MoU dengan Polres (5)

Advertisements