GELAR BERSIH KOTA PEKALONGAN
PEKALONGAN, – Senin pagi (17/04) 60 orang petugas Pemasyarakatan se-Kota Pekalongan yang berasal dari Lapas Pekalongan, Rutan Pekalongan, Bapas Pekalongan dan Rupbasan Pekalongan beserta 35 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari Lapas Pekalongan dan Rutan Pekalongan melaksanakan kegiatan Gelar Bersih Kota Pekalongan. Dalam kegiatan ini petugas bersama WBP bersatu padu membersihkan sejumlah fasilitas umum di Kota Pekalongan, seperti : Masjid Al-Ikhlas, Lapangan Jatayu, Museum Batik, Batik TV Pekalongan dan Lapangan Mataram.
Kalapas Pekalongan, M. Hilal selaku Korwil Pekalongan, didampingi Karutan Pekalongan, Bawono Ika Sutomo menjelaskan bahwa Gelar Bersih ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53 tahun 2017. “Kegiatan Gelar Bersih ini serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia dalam rangka peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53. Selain itu kegiatan ini juga untuk membuktikan kepedulian kami terhadap kebersihan Kota Pekalongan,” ungkapnya dengan semangat.
Lebih lanjut Hilal menjelaskan bahwa selama ini jajaran UPT Pemasyarakatan se-Kota Pekalongan sudah menjalin hubungan birokrasi yang baik dengan Pemerintah Kota Pekalongan. “Alhamdulillah, Pemerintah Pekalongan dengan seluruh jajarannya begitu juga dengan DPRD Kota Pekalongan sangat perhatian sekali dengan kami. Kami juga baru saja menandatangani MoU dengan jajaran Pemerintah Kota Pekalongan dan aparat penegak hukum dan aparat keamanan dan unsur lainnya pada Apel Siaga Kami Kerja PASTI Bersih Melayani beberapa waktu yang lalu.”
Dengan kerjasama yang baik diatas, Hilal berharap sinergitas antara UPT Pemasyarakatan –  Kemenkumham dengan Pemerintah Kota Pekalongan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Pekalongan semakin harmonis. “Untuk kali pertama, kami juga akan upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53 pada tanggal 27 April 2017 nanti di Lapangan Mataram Kota Pekalongan. Upacara ini sedianya akan dihadiri pleton petugas dari UPT Kementerian Hukum dan HAM se-Eks Karesidenan Pekalongan yang terdiri dari 9 UPT PAS dan 1 UPT Imigrasi,  jajaran Pemerintah Kota Pekalongan dan Forkompimda Kota Pekalongan, Pleton Kepolisian, Pleton TNI, Pleton POL-PP, Dishub, Pleton Menwa atau Mahasiswa, Pleton Pelajar dan Pleton WBP. Dengan kegiatan ini kami juga berharap masyarakat semakin mengenal kegiatan positif di institusi Pemasyarakatan,” ujarnya dengan bangga. (AS)
Advertisements